Penjajakan Kerjasama antara FEB Ubhara Jaya dengan Instituto Superior Cristal (ISC)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ubhara Jaya dan Instituto Superior Cristal Dili, Timor Leste Gelar Penjajakan Kerja Sama

BEKASI – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) dan Instituto Superior Cristal (ISC) Dili, Timor Leste menggali potensi kerja sama. Kegiatan yang digelar secara online dimoderatori  Assoc. Prof. Dr. Joseph M J Renwarin pada Selasa (2/4/2024) 

Dalam kesempatan tersebut, Rektor ISC Dr. Sebastião Pereira, MM mengatakan kampus ISC sudah bekerja sama dengan sejumlah kampus di Jakarta. Dia juga menyebutkan jika di ISC ada dua fakultas dengan jumlah mahasiswa sekitar 20.000.

“Kita sendiri mahasiswanya lebih dari 20.000 dosennya 338 orang. Kami terdiri dari dua fakultas pendidikan dan fakultas kesehatan,” katanya. 

“Kami di Timor Leste memang sudah lama kita bersama (Indonesia) meskipun sekarang kita sudah berbeda negara tetapi ini penting untuk bekerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia,” ucapnya lagi.

Sementara itu, Dekan FEB Ubhara Jaya Prof. Dr. Istianingsih, SE, M.S.Ak berharap Ubhara Jaya dan ISC bisa menjalani kerja sama. Apalagi fakultas ekonomi dan bisnis juga memiliki program studi S2 akuntansi yang jarang dimiliki kampus lain.

“Kami juga punya pascasarjana yang kami harapkan bapak ibu berkenan bisa bergabung berkolaborasi dengan yakni ada magister manajemen kemudian S2 magister akuntansi yang jarang dimiliki kampus lain juga. Dan kami juga sudah memiliki Doktor ilmu manajemen. Prodi kami sudah berjalan selama empat semester,” ucapnya.

Prof Isti juga menyebutkan Ubhara Jaya sangat terbuka dengan kerja sama dengan sejumlah universitas. Dalam waktu dekat, Ubhara Jaya juga menggelar konferensi internasional Bhayangkara Multidisciplinary International Conference (BMIC) 2024.

“Kami sangat terbuka dengan bapak ibu tentunya dalam bentuk kerja sama pertukaran dosen dan mahasiswa dan penelitian kemudian pengembangan kurikulum hingga penyelenggaraan seminar dan konferensi. Kami juga akan mengadakan international conference pada tanggal 25 April sudah ada 10 universitas yang bergabung baik dalam dan luar negeri,” ucapnya.

Di akhir rapat penjajakan tersebut, moderator dan sekaligus penggagas kerja sama ini, Assoc. Prof. Dr. Joseph M J Renwarin, Sesprodi Magister Akuntansi Ubhara Jaya menyimpulkan ada 3 (tiga) program yang bisa dilakukan yakni Joint Research and Publication Collaboration, Matching Fund, Students and Lecturers Exchange untuk mata kuliah Entrepreneurship dan Management Science.